Oleh: numisku | 31 Agustus 2012

BI Gelar Pameran Uang Nusantara

Uang nusantara yang ditampilkan (Foto: Fira Nurfiani)

krjogja.com, Kamis, 16 Agustus 2012 – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KWBI) Yogyakarta menggelar Pameran Uang Nusantara dan BI dalam lintasan masa untuk menyambut perayaan Lebaran dan pelaksanaan Inter Centrak Bank Games (ICBG) ASEAN 2012 di Gedung Heritage Eks De Javasche Bank Yogyakarta mulai 16 Agustus sampai 1 Oktober 2012.

“Pameran yang menampilkan setidaknya 100 koleksi mata uang nusantara sejak zaman Majapahit hingga yang terbaru ini juga disertai dengan rangkaian sejarah uang nusantara dan perkembangan Bank Sentral Indonesia hingga saat ini,” kata KWBI DIY, Mahdi Mahmudi, Kamis (16/8/2012).

Menurut Mahdi pameran ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat tentang sejarah uang nusantara dan perkembangan sejarah, peran, fungsi dan tugas Bank sentra Indonesia yaitu BI. Objek yang dipamerkan disamping narasi sejarah perkembangan penggunaan mata uang di nusantara.

“Selain itu sejarah perkembangan peran, fungsi dan tugas Bank Sentral juga dipamerkan mata uang nusantara dari jaman Majapahit, Mataram, Banten, Sriwijaya, ORI dan mata uang yang sekarang berlaku,” tandasnya.

Mahdi menjelaskan pameran ini juga untuk mengoptimalkan fungsi gedung heritage disamping menjadi sarana multimedia untuk pembelajaran pada pelajar. Pameran ini bebas untuk umum dan tidak dipungut bayaran, bagi tamu yang sifatnya rombongan akan disediakan guide

“Uang sangat mempunyai arti dalam kehidupan manusia yang tidak terlepas dari budaya suatu bangsa baik teknologinmaupun perekonomiannya. Dalam hal ini BI di beri wewenang untuk mengedarkan, mengatur dan menjaga kestabilan rupiah demi pengelolaan kebijakan moneternya. Maka pameran ini memberikan edukasi bagi masyarakat dengan memberikan wawasan dan mengingat sejarah uang serta peranan BI dari masa ke masa,” paparnya. (Fir)


Responses

  1. cape mikirin uang jaman sekarang soeharto di jamannya lebih gampang nyari duit….bahan poko muarah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori