Oleh: numisku | 14 Juli 2012

Pemburu Harta Karun Temukan Koin Kuno Senilai Rp 141 Miliar

Seorang Pekerja Museum tengah meneliti koin yang ditemukan oleh pasangan pemburu harta karun, Reg Mead dan Richard Miles (sumber: nydailynews)

Berhasil ditemukan setelah melakukan pencarian lebih kurang 30 tahun.

Beritasatu.com, Kamis, 28 Juni 2012 – Setelah pencarian tidak kenal lelah selama lebih kurang tiga dekade, sepasang pemburu harta karun amatir asal Inggris berhasil menemukan timbunan besar koin kuno berbahan emas dan perak dengan nilai US$ 15 juta atau sekitar Rp 141 miliar.

Reg Mead dan Richard Miles berhasil menemukan tempat penyimpanan harta yang dikuburkan lebih dari 2.000 tahun lalu atau selama masa kekuasaan Romawi yang menyerbu kepulauan Normandia dan Inggris.

“Saya telah melakukan pencarian harta karun sejak 1959 dan tidak pernah menemukan sesuatu dengan skala yang seperti sebelumnya,” kata Mead kepada Daily Mail.

Dalam penemuan kali ini, mereka berhasil mengangkat satu blok tanah liat yang mengandung 30.000 sampai 50.000 koin emas dan perak yang berasal dari Abad ke-1 Sebelum Masehi (SM).

Menurut Dr. Philip de Jersey, seorang ahli koin kuno dari University Oxford Inggris, setiap koin Romawi atau Celtic itu dikatakan memiliki nilai antara 100 hingga 200 Pounds atau US$ 156 sampai US$ 311 (Rp 1,5 juta sampai Rp 2,9 juta per buahnya).

Menurut Philip, penemuan ini merupakan suatu hal yang sangat menarik dan sangat signifikan untuk perkembangan sejarah dan ilmu pengetahuan.

Sekarang, koin harta karun tersebut telah dipindahkan ke Jersey Heritage Museum, untuk keperluan pembersihan dan pemeriksaan oleh Neil Mahrer, seorang ahli konservator benda-benda purbakala.

“Fakta bahwa telah ditemukannya benda arkeologis ini dapat membantu hadirnya informasi tentang orang-orang yang menguburkannya. Penemuan ini merupakan kontribusi yang luar biasa untuk mempelajari koin Celtic,” ujar Olga Finch, kurator arkeologi di Museum Jersey.

Penulis: nydailynews/Feriawan Hidayat


Responses

  1. Peninggalan yang sangat berharga adalah ilmu pengetahuan gan!! Harta benda tdak dibawa mati.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: