Oleh: numisku | 16 Mei 2011

Ayo Cek Uang Palsu ke Kota Tua…!

beritajakarta.com, Kamis, 12 Mei 2011 – Jika Anda tidak ingin jadi korban pemalsuan uang, sebaiknya Anda datang di acara Festival Museum Day yang akan digelar di Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat 18 Mei mendatang. Di acara tersebut, pengunjung tak hanya bisa melihat peninggalan masa lalu yang terdapat dalam 43 museum yang terlibat, tapi juga bisa melihat cara mengidentifikasi uang palsu yang akan ditampilkan Museum Bank Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik. Peringatan Hari Museum Internasional ini juga dapat menjadi ajang untuk mengembangkan dan meningkatkan daya tarik museum. “Kita akan memperkenalkan museum bukan hanya tempat menyimpan benda-benda bersejarah saja,” kata Arie, saat menggelar jumpa pers di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (12/5).

Arie menambahkan, acara yang diselenggarakan di Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, dimulai pukul 08.00-18.00. Dari 43 museum di DKI Jakarta yang akan ikut meramaikan festival ini, di antaranya Museum Wayang, Museum Seni Rupa, dan Museum Keramik. Nantinya masing-masing perwakilan museum akan memperlihatkan atraksi andalan untuk menarik animo pengunjung.

“Misalnya Museum Bank Indonesia akan menampilkan demo perawatan uang kuno dan cara mengidentifikasi uang palsu. Peragaan membuat keramik dari Museum Seni Rupa dan demo membatik dari Museum Tekstil, dan demo membuat layang-layang dari Museum Layang-Layang,” jelasnya.

Tidak hanya itu, festival ini juga akan dimeriahkan dengan kesenian tradisional khas Betawi, seperti ondel-ondel, marawis, tanjidor, dan tari lenggang nyai. Dalam festival ini, pihaknya tidak menargetkan jumlah pengunjung dan segmentasi. Namun untuk memaksimalkan jumlah pengunjung Arie menggandeng Dinas Pendidikan DKI Jakarta. “Fokusnya memang untuk pelajar dan mahasiswa, tapi kita tidak membatasi umur. Pada 18 Mei, pengunjung tak dipungut biaya tiket masuk alias gratis,” tandasnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori