Oleh: numisku | 4 Maret 2010

Mao absen dari uang kertas Cina

Untuk kali pertama dalam masa hampir 10 tahun, Cina menerbitkan uang kertas baru tanpa gambar pendiri Cina Komunis Mao Zedong.

Uang kertas pecahan 10 yuan baru ini berhias gambar stadium baru Olimpiade Beijing di depan, dan arca pelempar cakram kuno Yunani di belakang.

Kedua gambar berlatar belakang Kuil Langit, yang berlokasi di Beijing.

Uang kertas baru ini diterbitkan dengan enam juta lembar, tapi kebanyakan uang kertas yang beredar tetap menampilkan wajah Mao, pendiri Cina Komunis.


Mendominasi

Di dompet warga Cina, mantan tokoh tertinggi Komunis itu masih mendominasi, mulai dari uang kertas dengan nilai nominal terkecil hingga terbesar.

Wartawan The BBC Quentin Sommerville di Shanghai mengatakan, dominasi Mao dalam mata uang Cina mulai berlangsung tahun 1999, ketika gambarnya diperkenalkan sebagai alat untuk memerangi pemalsuan uang, meski tidak berhasil.

Wartawan kami mengatakan, kultus individu Mao Zedong yang dulu mendominasi Cina secara umum telah tergeser oleh arsitek modernisasi Cina, Deng Xiaoping.

Di lingkungan politik sudah lama merebak debat soal menyingkirkan Mao dari permukaan mata uang dan menggantikannya dengan Deng Xiaoping, namun sejauh ini belum ada langkah serius yang diambil.

(bbcindonesia.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori