Oleh: numisku | 11 Juli 2010

Arkeolog Temukan Ribuan Uang Kuno di Situs Majapahit

Puluhan ribu uang kuno (kepeng) ditemukan dalam penggalian situs Majapahit di Trowulan, Mojokerto. (Foto: Tritus Julan/okezone)

MOJOKERTO – Upaya untuk menguak benda sisa-sisa kebesaran Kerajaan Majahapit di Trowulan terus dilakukan tim evaluasi Neo Pusat Informasi Majapahit (PIM). Temuan-temuan itu mempertajam jika kerajaan pimpinan Raden Wijaya ini tergolong istimewa.

Beberapa hari yang lalu, para peneliti yang berada di situs Majapahit tampak sibuk dengan benda-benda pecahan tembikar. Di salah satu lokasi di museum Trowulan, dengan cermat mereka memilah, membersihkan dan menandai ratusan ribu benda kuno yang ditemukan dari hasil eskavasi tahap 1C yang dilakukan tim evaluasi Neo PIM itu.

Relief, miniatur rumah, tembikar, pecahan keramik dan mata uang kuno dengan hati-hati mereka sentuh. Berharap agar benda-benda yang berumur ratusan tahun itu masih terjaga bentuknya. Karena benda ini memiliki satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Hasil dari penggalian di atas lahan seluas 1.200 itu terbilang luar biasa. Hampir semua benda kuno yang dimiliki masyarakat pada masa itu ditemukan. Keris, mata tombak serta alat pembuat mata tombak juga ditemukan tim eskavasi. Dari temuan-temuan itu, menandakan jika lokasi yang digali merupakan wilayah padat penduduk.

Sejumlah alat rumah tangga kuno juga ditemukan. Berikut sisa-sisa lantai dan dinding rumah. Temuan-temuan ini sekaligus memberikan penilaian dari tim evaluasi jika masyarakat Majapahit memiliki peradaban yang tinggi. Benda-benda ini menandakan jika masyarakat Majapahit bisa menyalip seniman dan arsitektur jaman sekarang.

Profesor Mundardjito, Ketua Tim Evaluasi Neo PIM mengatakan, penggalian tahap 1 C ini memang menghasilkan temuan yang luar biasa. Hampir-hampir semua benda masa Majapahit sudah ditemukan. Temuan paling mencengangkan adalah ribuan mata uang kuno yang berasal dari Cina.

“Dari berbagai lokasi yang menyebar, saat ini sudah terkumpul sebanyak 60 ribu koin kepeng. Bahannya terbuat dari perunggu dan berlubang di bagian tengahnya,” terang Mundardjito, arkeolog kenamaan dari Universitas Indonesia (UI) ini saat ditemui beberapa hari yang lalu.

Mata uang bertuliskan huruf China dalam jumlah yang banyak itu menandakan jika Majapahit pernah menjalin hubungan dagang dengan kerajaan di China. Itu juga diperkuat dengan sejumlah keramik asal China yang ditemukan dalam kondisi yang sudah terpecah belah.

“Temuan struktrur bangunan dan benda-benda lainnya saya kira sudah lengkap. Rumah berikut miniaturnya, dan relief-relief,” katanya.

Sepanjang sejarah, proyek Neo PIM ini terbilang paling besar. Menurutnya, dengan luas lokasi galian yang terbagi menjadi 300 kotak yang masing-masing berukuran 2 X 2 meter itu, merupakan penggalian paling banyak menemukan struktur-struktur bangunan dan benda-bena kuno lainnya.

“Memang ini penggalian terbesar sepanjang sejarah. Dan jika ingin mendapatkan satu kesimpulan yang utuh, maka harus ada penggalian yang diperluas lagi,” cetusnya.

Dua hari yang lalu merupakan hari terakhir tim evaluasi melakukan penggalian tahap 1C. Namun, proyek membuka tabir Majapahit itu akan terus berlangsung. Hingga benda-benda kuno yang tersimpan dalam tanah itu bisa terkuak secara utuh dan dinikmati oleh masyarakat.

Sambil melakukan penggalian, tim evaluasi Neo PIM juga telah membuka sayembara untuk membuat ruang pamer atas benda-benda yang hasil penggalian itu. “Ada dua sayembara untuk merancang master plan dan ruang pamer,” tambahnya sembari berharap agar sayembara itu diikuti putra-putra Majapahit.

Osrifoel Oesman, salah satu anggota tim evaluasi Neo PIM juga mengakui jika penemuan benda-benda kuno dalam penggalian itu terbilang luar biasa. Menurutnya, dari benda-benda yang terkubur ratusan tahun itu, menandakan kebesaran Majapahit dan pola pikir masyarakatnya yang terbilang sangat maju.

“Harus diakui, peradaban di masa itu sudah sangat tinggi. Terlihat dari benda-benda yang dibuat. Bernilai seni sangat tinggi. Bahkan, itu tak pernah terpikirkan oleh kita,” puji Osrifoel Oesman.(Tritus Julan/Koran SI/hri)

(okezone.com)


Responses

  1. https://numisku.wordpress.com/category/museum/

  2. apasi keunikan uank kuno itu……….?

    • mata uang jaman mojopait itu sperti apa……?

  3. AKU JUGA KOLEKTOR UANG KUNO YANG TERKUNO SAMPAI YANG TERBARU…SEMUA AKU PIGORA BESAR..DUA BUAH…PIGORA FULL….KERTAS DAN LOGAM…INGIN? TIRU…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori