Oleh: numisku | 20 Mei 2010

Uang Kuno Laku Saat Musim Kawin

Bandung – Bagi Iyus Sukmana (37) dan pedagang uang kuno lainnya, musim menikah jadi berkah tersendiri. Uang kuno yang dijualnya ternyata bukan hanya untuk koleksi, tapi menjadi tren untuk diberikan sebagai mahar acara pernikahan.

Selain unik, menurut Iyus, uang kuno memiliki pecahan uang sampai yang terkecil. Biasanya calon pengantin membeli uang kuno sesuai dengan tahun pernikahan.

“Misalnya di tahun 2009, mereka membeli lembaran uang kuno dua ribuan dan koin Rp 1 sebanyak 9 buah,” ujar Iyus.

Harga untuk koinnya saja Rp 125 ribu per 9 buah, sedangkan untuk lembaran 2 ribuan harganya malah lebih murah. Jika disatukan, harga satu paketnya Rp 150 ribu. Dalam satu hari setidaknya Iyus bisa mendapatkan konsumen yang butuh paket mahar sebanyak 2-3 orang. Terutama di musim menikah, bulan Desember yang bertepatan dengan bulan Rayagung dalam kalender Sunda.

Tak hanya Bulan Rayagung, hampir setiap bulan ada yang membeli uang kuno untuk pernikahan. Kecuali, ujar Iyus, untuk bulan Safar dan bulan puasa karena jarang yang menikah pembeli juga sedikit bahkan hampir tidak ada.

Selain pembeli dari pasangan menikah, siswa-siswa sekolah juga kerap datang ke tempat ini. “Biasanya mereka dapat tugas dari sekolahnya. Dan kalau mereka membeli harganya kita murahkan,” tutur Iyus. Untuk yang harga Rp 10 ribu bisa diturunkan jadi Rp 5 ribu atau yang Rp 15 ribu jadi Rp 10 ribu.

Menurut Iyus, orang Belanda juga sesekali pernah datang untuk mencari uang kuno Belanda. “Dulu kan Belanda menjajah lama di Indonesia jadi mereka nyari ke sini,” ujar Iyus. Iyus pun menambahkan, dirinya juga bisa mencarikan uang kuno yang ingin dimiliki oleh para kolektor jika uang tersebut tidak ada di kiosnya.(ema/ern)

(detik.com)


Responses

  1. wew

  2. Uang kuno tdk hanya laku dimusim kawin saja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori