Oleh: numisku | 4 Maret 2010

Uang Pecahan 50 Milyar Ada di Museum Uang Purbalingga

Jika anda ingin mengetahui dan melihat secara langsung mata uang di seluruh dunia, tak perlu jauh jauh keliling dunia. Cukup datang ke Museum Uang di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Selain bisa untuk wisata juga untuk menambah pengetahuan tentang ratusan mata uang dari berbagai negara di dunia. Di Indonesia, museum ini tercatat paling banyak mengkoleksi mata uang dunia.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak tentang berbagai jenis mata uang di dunia. Selain beragam jenisnya, mata uang yang dikoleksi museum yang terletak di Kutasari Purbalingga ini juga mengkoleksi mata uang pada masa kerajaan. Misalnya uang gobog dari Bali yang ada pada abad IX Masehi.

Beragam mata uang ini dipasang di atas etalase yang dengan mudah kita bisa melihatnya. Jika ingin lebih jelas melihat detail uang tersebut disediakan kaca pembesar. Dengan kaca ini, kita bisa lihat keunikan desain mata uang tersebut.

Selain bahan dari kertas, mata uang ini terbuat dari berbagai jenis mulai dari besi, logam, perak hingga emas.

Bagi siswa sekolah, berkunjung ke tempat ini, selain akan terkagum-kagum dengan keaneka ragaman jenis mata uang, juga bisa menambah ilmu pengetahuan yang mungkin selama ini tak didapat dari sekolah.

Koleksi mata uang ini diperoleh saat Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko melakukan perjalanan ke berbagai negara ditambah koleksi lain. Selama setahun uang tersebut dikumpulkan sehingga museum ini merupakan museum terbanyak dengan koleksi mata uang dari 184 negara.

Selain mata uang, di tempat ini juga terpajang koleksi perangko yang sudah berusia puluhan tahun dari sejumlah negara.

Dalam perkembangannya nanti masih akan dicari lagi mata uang dari negara lain yang belum terkoleksi di museum ini, sehingga seluruh mata uang di dunia bisa ada di Museum Uang Purbalingga.

Ajaklah anak-anak Anda ke tempat ini, dipastikan mereka akan pulang dengan membawa banyak pengetahuan.

(banyumasnews.com/Nanang Anna Noor)


Responses

  1. saya juga punya 1 sama persis uang yugoslavia 50000000000 dinara tahun 1993,beograd kira2 kalo ada para kolektor seluruh dunia yg berminat memiliki bisa melakukan penawaran,thanks david solo salam numismatik seluruh dunia call:02717933511

  2. mav bro mank maw dijual berapa??? thnks

  3. I have a collection of paper money for sale – either by the piece or as a lot.

    Please contact indostocks(at)gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: