Oleh: numisku | 20 April 2010

Dua Ton Koin Kuno Ditemukan di Shaanxi

Kamis, 11 Juni 2009 – (ANTARA News/Xinhua-OANA) – Lebih dari dua ton koin kuno yang berasal dari Dinasti Tang (619-907) ditemukan di halaman sekolah dasar di Provinsi Shaanxi, China barat-laut.

Zhao Aiguo, Direktur Biro Pariwisata dan Perlindungan Barang Peninggalan Budaya di Kabupaten Liquan, Shaanxi, Rabu mengatakan, semua koin itu ditemukan ketika pekerja sedang menggali tanah untuk pembangunan gedung lain, Selasa.

Mereka melaporkan temuan mereka kepada Biro tersebut dan segera lebih dari 70 ahli arkeologi, pejabat dan polisi dikirim ke tempat itu.

Diperlukan waktu lebih dari lima jam untuk mengeluarkan koin kuno tersebut dari ruangan yang terbuat dari batu abu-abu.

Zhao mengatakan semua koin itu dipergunakan selama lebih dari 750 tahun, selama tiga dinasti –Tang, Song (960-1279) dan Yuan (1279-1368.

Ruang tersebut berukuran 1,5 meter lebar dan panjang, dan satu meter tinggi. Ruang itu diduga dibangun selama Dinasti Yuan.

Koin itu dikirim ke museum setempat dan para ahli arkeologi sedang menghitungnya. Karena koin tersebut sangat banyak, mungkin diperlukan waktu satu pekan untuk mengetahui jumlah sesungguhnya dan kategorinya, kata Zhao.

Tempat temuan itu adalah bagian dari kuil yang dibangun oleh seorang kaisar zaman dulu untuk mengenang ibunya antara 180 SM dan 157 SM. Zhao mengutip pernyataan beberapa ahli arkeologi bahwa semua koin tersebut mungkin adalah sumbangan dari pemeluk agama yang mengunjungi kuil itu.

Pada 2006, beberapa ahli arkeologi di provinsi yang sama menemukan satu kuburan kuno, yang diduga sebagai milik pengumpul koin, yang berusia sekitar 600 tahun.

Kuburan tersebut berisi lebih dari 150 koin dari 20 jenis dari Dinasti Tang, Dinasti Song dan Dinasti Jin (1115-1234), dengan masa berlaku sekitar 600 tahun.

(antaranews.com)


Tinggalkan komentar

Kategori