Oleh: numisku | 4 April 2012

Mata Uang Dinasti Ching Ditemukan di Bengkulu

MI/Bagus Suryo/sa

mediaindonesia.com, Rabu, 4 April 2012 – WARGA di kawasan pantai dalam Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, menemukan mata uang asing diduga berasal dari Dinasti Ching dan Ming. Mata uang asing ditemukan masyarakat itu saat menggali selokan beberapa waktu lalu, yang tiba-tiba tercangkul sebuah gicu tua berisikan mata uang kuno.

“Uang tersebut setelah dilakukan penelitian oleh tim dari museum ternyata berasal dari Dinasti Ching dan Ming sekitar 1368-1644 yang dikenal uang kepeng dan ada juga dari Vietnam,” kata Kurator Bengkulu Muhardi di Bengkulu, Selasa (3/4).

Ia mengatakan uang tersebut terbuat dari bahan baku tembaga pada abad ke-15 dan ke-16 yang banyak tersimpan di sepanjang pesisir pantai Bengkulu. Hingga kini uang kuno itu disimpan di museum Bengkulu seluruhnya tercatat sebanyak 30.500 keping dijadikan sebagai koleksi.

Penemuan mata uang asing dari kerajaan China tersebut bermula ketika salah seorang warga Kecamatan pondok Kelapa sedang melakukan penggalian selokan air dan secara tidak sengaja ia mencangkul satu buah guci berukuran setinggi satu meter.

Setelah dibersihkan guci tersebut dibuat di Vietnam berdasarkan tekstur dan motif selanjutnya di dalam guci itu terdapat mata uang asing dengan berat mencapai 40 kilo gram. (Ant/OL-10)


Responses

  1. saya punya uang seperti yang d gambar itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori