Oleh: numisku | 24 Maret 2010

Hati-hati Penipuan dengan Cek

Pertengahan Desember 2009 dua orang melaporkan temuannya kepada saya. Keduanya, dalam waktu hampir bersamaan, membawa cek dari BCA bernilai Rp 2.700.000.000, surat keterangan tanah dari Badan Pertanahan Nasional Manokwari, dan Surat Izin Usaha Perdagangan dari pemprop Jawa Timur. Yang menarik, di SIUP tercantum no HP 0813-8765-xxxx. Barang-barang tersebut dipungut dari tengah jalan. Mungkin sengaja dijatuhkan oleh si penipu. Si ‘pemilik’ perusahaan mencantumkan namanya Ir. Lumaksono.

Tentu timbul pertanyaan, apakah surat-surat ini asli? Beberapa waktu sebelumnya, pernah muncul surat pembaca. Seseorang juga menemukan surat seperti ini. Karena ingin berbaik hati, dia menelepon nomor HP yang tercantum. Entah bagaimana cerita pokoknya, saya lupa, yang jelas dia tertipu beberapa juta rupiah. Mungkin si penelepon terkena hipnotis sehingga menuruti kemauan si pemilik surat tanah.

Coba saja perhatikan cek dalam gambar ini, nomornya kembar. Mana ada sih cek sungguhan yang begitu. Surat-suratnya pun cetakan biasa. Stempelnya tidak menunjukkan bekas-bekas tinta. Foto sang pemilik, hanya stiker. Maka Anda harus waspada. Jangan sampai tergiur dengan temuan cek bernilai besar. Penipu sekarang sangat jeli, pintar melihat peluang.

Cek bernilai Rp 2.700.000.000,00. Nomor serinya sama, jelas cek bo’ong-bo’ongan.

Awal April 2010 kembali saya mendapat ‘hadiah’ serupa. Nilai cek tetap sama. Begitu juga nomor cek. Surat dari Badan Pertanahan Nasional agak berbeda. Surat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan tertulis ‘Pemerintah Kabupaten Yogyakarta’. Lihat foto di bawah:



(Djulianto Susantio)


Responses

  1. Itu cek palsu, mas! Saya menemukannya pagi ini dan curiga karena ceknya sepertinya hasil cetakan komputer (inkjet printer) dan tandatangannya juga cetakan. Setelah saya cek di internet saya menemukan artikel ini. Semakin yakinlah saya bahwa cek itu palsu. Nomor rekening BCA-nya juga palsu! Nilai cek sama, 2,7 milyar!!! Bah, siapa gak tergiur… Semoga pak polisi cepat dapat menghentikan penjahat ini..

    • iya memang palsu, pernah ada di rubrik surat pembaca, saya mendapat itu dari 2 orang yg berbeda, rupanya sengaja dibuang di dekat rumah/tikungan jalan

    • betul sekali smoga aja yang berwajib bisa cepat2 menangani penipuan ini.jangan sampe banyak lagi yang tertipu oleh para penjahat dan keparat ini?dan klo bsa harus di musnah kan supaya tidak ada lagi rekayasa seperti ini lagi,ini demi kebaikan negara kita smua jangan sampe negara kita di acak2 dengan penipuan seperti ini lagi..bagi orang2 yang belum pernah mengalaminya jangan percaya pada penipuan ini…suatu saat nanti bagi orang2 yang menemukan aploap dan surat2 tanah/cek BANK BCA serah kan saja kepada yang berwajib…MARI KITA BANTAI PENIPUAN YANG GA JELAS SEPERTI INI DEMI NEGARA KITA SMUA………

      • keluarga saya menemukan amplop di dua tempat yg berbeda dalam selang waktu sekitar 1 bulan

  2. janagn ada yg percaya pada penipuan cek bank BCA
    saya sangat terkejut sekali ada nya cek palsu dan surat2 tanah bagi yang blm mengalaminya jangan mudah tertipu……

    • kita mesti waspada, jangan mengharapkan ‘rezeki nomplok’ yang berujung penipuan

      • jadi apa yang harus kami lakukan….?

  3. mata uang indonesia pertama kali dikeluarkan tahun brapa……?

  4. contok……?dalam bentuk apa…..?

  5. sama mas saya juga baru semalam pukul 02.00 wib menemukan cek ini dan setelah saya cari informasi dari internet ternyata cek itu sama semua dan tidak ada bedanya dan yg menurut saya ada kejanggalan adalah tanda tangannya bukan asli..
    trims atas infonya

  6. iya mas saya di pontianak tadi pagi jg mendapatkan amplop berisikan cek senilai 2,7M jg ternyata penipuan ya untung aja saya baca artikel ini thx ya gan

  7. saya juga pernah ditipu dgn ada nya modus yang dilakukan atas nma bpk ir.lumaksono…dengan modus sebuah amplop berwarna coklt yang didalam nya berisi dokumen penting..pada saat itu saya hendak pulang kerza melewati jalan kapten jamil lubis yang terletak tak jauh dari rumah saya di kota medan…ketika saya sedang berjalan tiba2 saya melihat sebuah amplop berwarna coklat…saya penasaran…langsung aza saya buka….ternyata isinya domen penting…dan saya terkejut karna didalam nya terdapat cek yang bernilai 2,7 miliar….tanpa ragu saya menghubungi nomor hp yang tertera dalam amplop…ternyata semua hanya tipuan belaka saya diminta untuk mentransfer sejumlah uang untuk pancingan dana yang akan di transper beliaw…untungnya saldo q tak ada…dia maw coba nipu aq…akan tetapi dia yng tertipu hahahahahah….oya klw dia tertangkap bilang ma q ya ….biar ku cabut bulu hidung nya ok thanks ya

    • sudah banyak warga yang tertipu karena ‘cek 2,7 M itu’. mudah2an untuk selanjutnya warga semakin waspada.

  8. saya juga menemukannya dan sekarang cek masih saya simpan .
    bahkan saya menemukan 2 amplop yang berisi cek , dengan jumlah account yang sama dan di jarak yang berdekatan ,
    jelas-jelas palsu ..

  9. waw ,, ayh saya juga menemukan hal yang sama dijalan dekat rumah sya ,,,

  10. saya baru menemukan amplop yg berisi cek seperti itu , nomer dan nominalnya pun sama persis , tanda tangannya juga sama .. apa yg harus saya lakukan ?

  11. senasib… ampir saja saya juga jd korban… untung ada mbah google dan kebetulan rekening saya ny memang limit… heheheh slamet… slamet… smuanya sama persis…

    • Sama persis yg sy alami. dunia 3x !!!

  12. Sy temukan di mesin ATM BTN Bekasi, angkanya 4,7 M. Fantastis…

  13. m2h saya juga kemaren menemukan cek seprti itu dgn nominal 2,7 dan amplop jga.

    m2h sya mnemukan 2 amplop itu dgn cek dan isi yg sma.
    sya tlp dan sms no yg ada d.amplop itu tpi smve krg blum jga ada jwabn.

  14. baru saja saya mnemukan ya,, saat pulang beli makanan,, awalnya iba,, takut orang tsb benar-benar membuuhkannya, makanya langsung dtlp,, tp ternyata tdk aktif,, saya berniat menelphon kembali esok, tpi iseng saya check di internet dan menemukan artikel ini,, ternyata semua ini penipuann,, untung sajaa,, alhamdulillah sesuatu🙂

  15. betul pagi ini tgl 17 Februari jam 6.50 saaya menemukan cek senilai 700 jt, nomor nya sama dengan cek yg ditemukan tahun 2009, kali ini atas nama Ir. H SUDARSONO, cek tsb di keluarkan BCA KCP. BLITAR-SURABAYA, Jl. DARMO. No. CA 8680652, bagi yang menemukan cek spt ini hati2 ini suatu modus penipuan

  16. saya juga menemukan di jl. karang menjangan surabaya pada bulan maret kemarin.

  17. penipuan ini masih ada,awamnya saya,saya tertipu 6 juta rupiah semoga pihak yg berwajib bertindak cepat menangani ini,ini sangat meresahkan.

  18. wah barusan aja tadi pas istirahat saya nemuin amplop berisikan SIUP PT. Jaya Makmur, atas nama SUGENG HARYONO dan cek sebesar Rp. 4.700.000.000 *cek BRI di Jl. Pandean Lamper II, Semarang. dari cek-nya aj udh kliatan bgt kl itu palsu..” Sugeng-sugeng kurang kerjaan bingiittt sih !!! wkwk

    • u/Ar: Modusnya sama dengan yg saya alami… hanya beda alamatnya cek. mungkin domisili SIUPnya beda juga kali.

  19. ma kash mas google untung kita semua g gaptek…….tadi pagi aku juga nemu pas joging pagi tapi aku sudah curiga sbb ttd di cek kayak scan dan penulisan jumlah nominal biasanya pakai tulisan tangan jd kalo ada saudara saudara google mania perlu waspada dan jgn lupa sebarkan info ini..biar g kena tipu…he….he….kasihan deh penipunya kayak paling pinter aja….

  20. harus waspada mas, banyak yang sudah terjebak. Sekarang sudah sampai ke malang … bahaya !

  21. sukurlah semua pada selamat, semoga orang ini, segera ditemukan, sehingga, tdk ada korban selanjutnya

  22. heheh…itu niat banget tu penipu…..barusan temanku juga melaporkan kejadian yang sama….cek BRI 4.700.000.000, denga surat SIUP-Besar, atas nama Sugeng Haryono, Pt Jaya Makmur…..

  23. BALI JUGA

  24. Saya juga nemu di parkiran depan supermarket buah di daerah magelang jawa tngah pada tanggal 29 Mei 2015..
    Isinya sama,, cek bank BRI senilai 4,7M beserta surat izin usaha PT Jaya Makmur atas nama Sugeng haryono no hape 085325778558.. wkwkwkkww

  25. di jalan mayjend sutoyo Yogyakarta tgl.28 agustus 2015 juga ditemukan cek bri 4,7milyar dan siup pt jaya makmur jakarta pusat atas nama sugeng haryono. hati-hati penipuan

  26. rekan-rekan tukang ronda di jl.mayjend sutoyo jogja , gak usah tergiur cek itu yaaa.. nikmati rejeki dibawah pohon tanjung aja. dan khusus untuk si bro saeb alias kak pang.. kalo pengin 4,7milyal silahkan ambil secepatnya…ckckckckkkk… ben tambah lemu

  27. ckckckckkkk….

  28. Barusan saya nemuin kayak gitu .. maunya sih nolong .. eh ternyata baca di situs ini itu ternyata penipuan …

    Saya nemuin di sekotar perempata Rs.udayana .jimbaran bali .
    Pas lagi beli lalapan di ‘bang toyip’
    Ehh nemu amplop .. berisi kayak gitu ..

  29. Pagi tadi saya temukan sebuah amplop di depan toko saya, jl. Simpang Purnama kec.Mayang JAMBI. berisikan surat SIUP PT. JAYA MAKMUR a/n sugeng haryono. dan cek BRI senilai 4,7 milyar. awal nya sempat percaya tapi saya ragu, saya langsung searching di internet rupanya PENIPUAN. Hati-hati penipuan

  30. Hari ini saya mendapat modus yang sama..dan hampir tertipu. Syukurnya saya segera sadar bahwa ini penipuan..

  31. Pagi ini saya juga mendapat cek dengan nilai yang sama, untungnya saya yang dapat coba yang lain mungkin udah tertipu palagi mirip aslinya.

  32. Aq ntok 4m gan mlh rak sidp

  33. Saya jga bru mendapatkan cek bri senilai 4,7 m..dengan data2 sm sperti yg di atas ..hti2 penipuan..mksh info nya

  34. Sudah sampai ke palembang modus penipuan cek. Saya di palembang menemukan amplop isi siup dan cek 4,7 milyar

  35. hati2 ya wong palembang. Modus amplop berisi dokumen penting dan cek dengan nilai milyaran sdh msk ke kota palembang. Itu modus penipuan. Kalau menemukan jgn ditelepon. Terima kasih infonya google.

  36. Salam sejahtera semoga berhasil dan sukses selalu majalah saya gak tau mohon bantuan cek BCA yang tercantum pada profil saya untuk siapa dan saya maunya diberikan uang saja untuk keperluan hidup keluarga dan anak anak sekolah semoga Tuhan memberhkan kemudahan kehidupan untuk berbuat ibadah kepadanya Aamiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: