Hati-hati Penipuan

Oleh: Djulianto Susantio

Banyak pertanyaan ditujukan ke saya soal dollar AS yang bernilai sangat besar. “Mereka memaksa saya mencairkan uang tersebut. Malah membawa-bawa nama pejabat BI dan Jusuf Kalla,” kata salah satu penanya. Yang lain bilang, mereka minta ditukar dengan kurs sangat rendah. Ada beberapa orang juga memasang iklan baris di internet dengan menawarkan uang tersebut dengan harga super fantastis.

Perlu diketahui, uang-uang tersebut hanya dibuat untuk kepentingan kolektor. Salah satu klub yang membuat adalah Asosiasi Jutawan AS. Klub tersebut pernah mengeluarkan sejumlah uang fantasi, dream money istilahnya, bahkan sampai yang bernilai 1 Miliar lengkap dengan sertifikat.

Bagi orang awam, inilah masalahnya. Karena ada sertifikat dan ketidaktahuan, maka uang tersebut dianggap bernilai tinggi. Apalagi diiming-imingi dibuat tahun 1934. Maka kehati-hatian perlu dijaga.

Di bawah ini ada beberapa foto uang yang dianggap bernilai super tinggi. Ada uang fantasi, uang impian, uang suvenir, dan apapun istilahnya. Ada juga uang asli namun bernilai sangat rendah karena inflasi yang super tinggi. Mudah-mudahan hal ini bisa membuka wawasan Anda.


Uang dari salah satu negara pecahan Yugoslavia 50 dan 5 Miliar Dinar, asli tapi nilainya sangat kecil. Waktu itu inflasi terjadi sangat hebat karena adanya perang etnis di sana.

Zimbabwe, salah satu negara Afrika, tahun 2008/2009 lalu pernah mengalami inflasi super hebat. Untuk membeli sepotong roti, misalnya, dibutuhkan bertumpuk-tumpuk uang kertas. Maka kemudian dicetak uang kertas dengan nominal sangat besar. Gambar ini sebagian kecil contohnya.

Uang Fantasi atau uang impian $ 1 juta, hanya uang bo’ong-bo’ongan untuk kepentingan kolektor. Boleh dikatakan uang suvenir. Ada juga berupa dollar Kanada, bahkan yang bernominal 1 Miliar. Agar ‘keren’ uang fantasi ini dilengkapi sertifikat. Model lain dari uang fantasi adalah nominal $100.000 yang dibilang keluaran tahun 1934 seperti foto-foto di bawah ini:



Berbagai variasi uang fantasi $1 juta














Penipuan dengan Cek dan Surat Tanah

Pertengahan Desember 2009 dua orang melaporkan temuannya kepada saya. Keduanya, dalam waktu hampir bersamaan, membawa cek dari BCA bernilai Rp 2.700.000.000, surat keterangan tanah dari Badan Pertanahan Nasional Manokwari, dan Surat Izin Usaha Perdagangan dari pemprop Jawa Timur. Yang menarik, di SIUP tercantum no HP 0813-8765-xxxx. Barang-barang tersebut dipungut dari tengah jalan. Mungkin sengaja dijatuhkan oleh si penipu. Si ‘pemilik’ perusahaan mencantumkan namanya Ir. Lumaksono.

Tentu timbul pertanyaan, apakah surat-surat ini asli? Beberapa waktu sebelumnya, pernah muncul surat pembaca. Seseorang juga menemukan surat seperti ini. Karena ingin berbaik hati, dia menelepon nomor HP yang tercantum. Entah bagaimana cerita pokoknya, saya lupa, yang jelas dia tertipu beberapa juta rupiah. Mungkin si penelepon terkena hipnotis sehingga menuruti kemauan si pemilik surat tanah.

Coba saja perhatikan cek dalam gambar ini, nomornya kembar. Mana ada sih cek sungguhan yang begitu. Surat-suratnya pun cetakan biasa. Stempelnya tidak menunjukkan bekas-bekas tinta. Foto sang pemilik, hanya stiker. Maka Anda harus waspada. Jangan sampai tergiur dengan temuan cek bernilai besar. Penipu sekarang sangat jeli, pintar melihat peluang.

Cek bernilai Rp 2.700.000.000,00. Nomor serinya sama, jelas cek bo’ong-bo’ongan.

Awal April 2010 kembali saya mendapat ‘hadiah’ serupa. Nilai cek tetap sama. Begitu juga nomor cek. Surat dari Badan Pertanahan Nasional agak berbeda. Surat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan tertulis ‘Pemerintah Kabupaten Yogyakarta’. Lihat foto di bawah:



Responses

  1. kalo kita kurang hati2 bisa ketipu dong….!!!

  2. wah sama dong mas,.
    beberapa bulan yg lalu ada bapa2 pedagang kaki lima datang kekantor saya, dgn gemetaran dan mata terbata-bata dia menjelaskan bahwa sebuah amplop coklat terjatuh (mungkin sengaja d jatuhkan) dari seorang pengendara motor..
    setelah dia buka isi amplop itu, selembar SIUP dr disperindag surabaya, selembar surat keterangan Tanah Manokwari, dan selembar cek BCA nominal Rp.4.700.000.000,- dgn no. seri 144044.
    bapa2 itu bergumam ” ya Allah, mimpi apa sy semalam.?? bisa kaya mendadak gini…
    ya saya jelasin aja bahwa cek itu palsu.
    sampe sekarang amplop bserta isiny msh sya simpen. tkut suatu saat saya kaya mendadak, bapa itu minta bagian, disangkain hasil pencairan cek itu..

    • Ya, skrg kita musti hati2. Penipuan yg sering terjadi antara lain menggunakan uang fantasi 1 juta dollar, menggunakan uang super inflasi nominal miliaran, dan menggunakan uang Brasil atau Amerika Latin dgn iming2 setara dgn dollar.

  3. wah… kok uang INDONESIA ora onok?
    ░░░█▀█░█▀▄░█▀▄░░░░█▀▄▀█░█▀▀░░░█░ ░░░█▀█░█░█░█░█░░░░█░░░█░█▀░░░░█░ ░░░█░█░█▄▀░█▄▀░░░░█░░░█░█▄▄░░░█
    …………………………………………………… …………………………………………………..
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>..>█<..<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

  4. saya punya uang $100.000 tp dinyatakan asli oleh bank tp waktu saya liat uang fantasi kok sama persis ya?bisa di jelasin nggak ya

    • kertasnya memang asli🙂

  5. mau kaya ne ada rumusnya KERJA+USAHA +DOA= BERHASIL GOOD LUCK

  6. terus uang fantasi 1 juta dollar AS itu dihargai oleh kolektor berapa?

    • Saya Punya cuma laku Rp750.000 perlembar. sisa barang tinggal 200 lembar. Minat Hub 085335213117

  7. mohon tanggapannya, jadi untuk jenis Sertficat seperti Gold Sertificate tahun 1934 nominal 100.000 seperti dalam gambar diatas sebenarnya tidak dapat ditukar ya pak, padahal keliatannya sangat meyakinkan dan asli dan menurut keterangan di google bahwa sertificate tersebut benar adanya bagaimana menurut bapak.

    • cuman “yang punya” yang bisa bos🙂

  8. saya memiliki US $ 1juta. terbitan tahun 1997. kondisi agak sedikikit kumal dibagian2 pinggirnya. sudah di cek dibeberapa bank BUMN dan menyatakan uang ini asli, namun nominal sebesar tersebut tidak bisa mereka tukarkan.
    Apakah ada yang bisa menukarkannya ke rupiah?

  9. saya ada melihat uang tersebut,.di daerah saya yg ditemukan warga daerah saya di pedalaman bersama peti uang tersebut,..bersama sertifikat dan uangnya masih di ikat,…tapi saya ngak berani mempublikasikan takut di tangkap,…

  10. dan kalo mau, saya bisa kirim foto peti dan ikatan uang dolars tersebut,..

    • coba kirim foto peti n uang yang diikat mas…

      penasaran banget…sebagai bahan pertimbanangan n bagi2 ilmu

    • kirim kan mas… ke saya fotonya

  11. Uang US$ 100000 itu asli, tapi di cetak hanya untuk penggunaan antar bank federal pada masa itu sebagai pengganti nilai emas yg di simpan di bank federal pada masa itu. Uang tersebut Tidak pernah dilepas sebagai alat pembayaran untuk publik dan hanya untuk kalangan antar bank federal di AS. Beritanya hanya ada 42000 lembar uang US$ 100000 yg di cetak dan merupakan hak milik properti bank federal saja. Bagi kepemilikan perorangan akan dianggap sebagai barang curian dan wajib mengembalikan ke pihak bank federal A.S. semoga ini bisa membantu

    • pak mohon penjelasan lebih lengkap ya

  12. kemarin juga ada bapak2 tua datang ke kantor saya membawa uang kertas $100.000. uangnya masih diikat sperti uang dari bank se-gepok. katanya masih punya beberapa peti/ koper dirumahnya. ada sertifikat juga. gmn ni? mohon bantuan rekan@ semua..

    *) Admin mohon bantuannya….plizz

    *) Pak Kurawaboy@ tolong uraian yang lebih lengkap tentang uang federal tersebut/ link-nya…thank u

    • itu bapak tua kebingungan, bisa jadi dah abis2an tapi sekarang kebingungan harus gimana🙂

  13. Sya mau tanya, untuk uang $ 1jt bs di tukarkan kerupiah tdk?
    Dan apakah tidak menimbulkan pertanyaan dri pihak Bank dan pemerintah Indonesia (khususnya BI)

    • tidak bisa, itu sudah jadi obligasi. fungsinya sebagai penyeimbang. mau dicairin… cuman “yang punya” dong yang bisa🙂

      • Yg punya itu sIapa maksudnya?saya punya dolar itu 3lembar dan yuan 1lembar dengan masing2 nominal 1juta,jadi percuma dong punya tapi gak bisa diduitin????

  14. itu hanya uang impian kalau jga di uangkan harganya pasti murah
    emang asli ada hak patennya karena itu dibuat hanya untuk para kolektor… dan tidak bisa di uangkan..

  15. indonesia skrg dipenuhi penipu2 yang bawa uang brasil n USD, giok, samurai, mata kucing, pring petuk, jenglot dsb
    semua itu cuma kerjaan pengangguran…jangan percaya orang2 yang menawarkan hal2 diatas…sampe anda KERE pun gak akan mendapat manfaat dr barang2 tsb.
    gak ada critanya KAYA TIBA2, pengen KAYA?
    usaha dari kecil lama2 jadi bukit…jgn gampang nyerah…ingat usaha yg REAL jangan yg menjual mimpi!!!

  16. mas, kalau uang soekarno , 600 rupiah, dengan tanda tangan menteri keuangan di jogjakarta, itu benar ada atau tidak?

  17. kenapa kalau uang itu milik kolektor bisa sampai di indonesia, bagaimana ceritanya?

    • karena sejarahnya memang di indonesia bos🙂

  18. Penyelesaian utk 1 jt Euro, minimal 5 lak, perlak dihargai 100 jt hub P Budhi 085718301765 No Ribet ! NO RUWET! Prosedur : 1. Siapkan brg ASLI minimal 5 lak 2. Kontak sy, tentukan hari H dan Jumlah yg akan dirupiahkan 3. Bertemu di tempat yg disepakati 4. Menuju rumah NENEK 5. Cek keaslian oleh NENEK 6. Terbukti asli langsung dibayar oleh NENEK

    • P budhi sudah pernah mencairkan? kayaknya kok rahasia ya….

      • bukan rahasia tetapi PROTOKOLER untuk mencegah calo dan orang yang hanya sekedar ingin tahu…

    • Pake jalur orang tua kalo gitu pa ya🙂

    • si bos ini pasti dah cape ngadepinnya calo mulu, barang kaga ada🙂

    • Pa budi rekan sy ada € 1000.000 salaman thn 2000 bersertifikat. Ada 5 lak, tp minta hrg 50M perlak.
      Bs pak? indra_sukabumi.
      costingdjs76@gmail.com

  19. Maaf pak Budhi, perlaknya berapa jumlahnya.
    Terimakasih.

    • sama dengan segepok bos🙂

  20. kalau yang punya uang $100.000 ud ketemu berarti bs d cairin gt y pak?

  21. saya pernah nanya kalau seri A thnya 2014 dan seri B 2015 itu polimer tapi uang 1jt Euro bukan dollar, harga 1brutnya itu 500M asli ya sertifikat, dan itu yg empunya dapatnya belah semangka alias 50% klu yg 1 jt dollar ga laku itu hanya sbg souvenir begono critanya, 1 brut 1000lembar klu lak itu 100 lbr,klu lak ga maen bos krn hrs seri 1-1000 jd hrus 1brut yang saya tahu lho, salam
    Emang ada yg punya 1 brut 1jt Euro??????????///////////GILA

  22. Yg butuh mata uang apa saja bisa cntact saya,,sy ad cntoh 1jt euronya..lengkap sertifikatnya..

  23. Mas, boleh minta nmr HP gak?? Saya mau nanya2 lebih dalam nih soal uang 1 juta dolar. Krna keluarga saya punya uang itu. Gimana caranya bisa di cairkan pak tah??

  24. kebetulan sekarang saya punya uang $ 1jt.. kira-kira dijual ke kolektor laku berapa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: