Oleh: numisku | 11 Maret 2011

Uang Kuno Temuan Rohimin Peninggalan Majapahit

kompas.com, Senin, 24 November 2008 – Departemen Kebudayaan dan Pariwisata melalui Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan Wilayah Kerja Provinsi Jawa Timur, menyatakan bahwa uang kuno yang ditemukan Rohimin (57), warga Dusun Kepatihan, Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, merupakan uang peninggalan Kerajaan Majapahit.

Hal itu dikatakan Muhammad Ikhwan, staf Balai Peninggalan Purbakala Trowulan Wilayah Kerja Provinsi Jawa Timur, saat berkunjung ke lokasi ditemukannya uang kuno itu, Senin (24/11) di Sidoarjo. Menurut Ikhwan, kepingan uang logam yang berhuruf China itu merupakan bukti sejarah bahwa Majapahit telah memiliki hubungan dengan bangsa China.

“Uang tersebut merupakan alat pembayaran yang sah di jaman Majapahit. Diakui memang jika saat itu Majapahit memiliki hubungan dagang yang kuat dengan bangsa China,” jelas Ikhwan.

Setelah dihitung, uang kuno temuan Rohimin tersebut berjumlah 10.388 keping. Uang logam yang terbuat dari bahan perunggu itu memiliki berat keseluruhan sekitar 40 kilogram. BP3 Trowulan Wilayah Kerja Provinsi Jawa Timur membawa kepingan uang kuno itu untuk dibersihkan dan diteliti lebih jauh.


Responses

  1. nah itu ada tulisan la ila ha illa allah, jelas tulisan arab artinya tidak ada tuhan selain allah, jelas pengaruh islam di majapahit dah lama


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.