Oleh: numisku | 23 Agustus 2010

Temuan Uang Palsu Meningkat

Kompas Jawa Timur, Senin, 16 Agustus 2010 – Hingga Juni 2010, Kantor Bank Indonesia mencatat jumlah temuan uang palsu mencapai 3.062 lembar. Jumlah ini meningkat dibanding periode yang sama tahun 2009, yang tercatat sebanyak 2.298 lembar. Demi menghindari praktik jual beli uang kartal (uang kertas atau logam) yang senantiasa marak pada masa Ramadhan dan menjelang Lebaran, Kantor BI Malang memutuskan membatasi penukaran uang di loket penukaran.

Pemimpin BI Malang Totok Hermiyanto mengemukakan, BI sudah meminta bantuan penambahan loket penukaran uang kartal dengan tiga bank perkreditan rakyat di luar kota Malang, yakni BPR Armindo Kencana (Malang), BPR Artha Seruni Surabaya (Pandaan, Pasuruan), dan BPR Sentral Artha Jaya (Probolinggo).

“Masih akan ditambah dengan beberapa bank umum di Malang yang saat ini sedang diproses,” kata Totok, akhir pekan lalu di Malang.

Santernya perdagangan uang dan dibarengi dengan meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat bisa mendorong munculnya pergerakan uang palsu ke dalam peredaran uang. Menurut catatan BI, peredaran uang palsu sepanjang tahun ini tercatat meningkat pada Juni menjadi 1.650 lembar. Amat tinggi dibanding bulan sebelumnya, antara 200 lembar hingga 400 lembar per bulan antara Januari-Mei 2010.

Tentang layanan penukaran uang di loket BI Malang, Totok menjelaskan, setiap orang dibatasi hanya bisa menukarkan uang Rp 3,7 juta sehari sekali penukaran. Permintaan uang pecahan sudah langsung meningkat sejak awal puasa dan akan meningkat tajam hingga Lebaran tiba. (ODY)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: