Oleh: numisku | 2 Mei 2012

Uang Kepeng Kuno Diduga Berasal Dari Cina

pedomannusantara.com, Sabtu, 28 April 2012Lumajang, Berawal dari mimpi, Nur Samad (57) warga Dusun Timur Curah, Desa Bagu, Kecamatan Pasirian, sekitar seminggu yang lalu menemukan segebok uang kepeng di halaman depan rumahnya.” Saya bermimpi ada kawat yang menjalar dari samping rumah dan berhenti pas di halaman depan rumah” ujar Nur samad kepada Pedomannusantara.com, kemarin Jum`at (27/04)

Setelah bangun dari tidurnya Nur samad berusaha menafsirkan mimpinya dengan menggali tanah yang pas berada di halam depan rumahnya dan sesuai dengan petunjuk yang ada di mimpinya.” Saya langsung ambil cangkul saat shubuh datang, dan saya gali sesuai dengan apa yang saya lihat di mimpi saya,” papar Nursamad.

Penggalian yang dilakukan oleh Nursamad tidaklah sia-sia, mimpi dari Nur samad merupakan suatu pertanda bahwa dia menemukan segebok uang kepeng. ” Saya sempat kaget ternyata tiba-tiba cangkul saya tersangkut pada sejenis priuk nasi yang kondisinya sudah hancur, dan didalamnya terdapat uang kuno yang banyak sekali mungkin beratnya ada sekitar 7kg,” terang pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini.

Uang kepeng yang di temukan oleh Nursamad diperkirakan berasal dari Cina . Sebab di bagian sisi mata uang kepeng tersebut, terdapat huruf-huruf Cina. Tim Verifikasi BP3 Trowulan yang kebetulan melakukan Verifikasi terhadap situs Biting di Lumajang juga melihat temuan uang kepeng pada kemarin, Kamis (26/01/2012).

Menurut Ni Luh Ketut Wardhani pihaknya belum bisa menyimpulkan uang tersebut dari dinasti apa,” Uang-uang kepeng ini ada yang berasal dari masa yang berbeda, untuk itu kita perlu melakukan uji Lab terlebih dahulu terhadap uang kepeng ini,” Ungkap Nih Luh. Menurutnya, dari uji Lab nantinya akan di ketahui uang kepeng tersebut berasal dari dinasti apa.(lut/ron/red)

Reporter: Lutfiati


Tinggalkan Balasan

Kategori