Oleh: numisku | 2 Februari 2012

Koin Masuk Rumah Bordil

Koran Tempo, Kamis, 2 Februari 2012 – Bagaimana caranya transaksi pembayaran setelah melampiaskan gairah di tempat prostitusi ribuan tahun silam di Eropa? Boleh jadi dengan koin.

Mulai Kamis pekan lalu, Museum London di Inggris memamerkan sebuah koin yang ditemukan di Sungai Thames yang diduga kuat digunakan hampir 2.000 tahun silam sebagai sebuah “token bordil” di periode Romawi London.

Token atau spintria berbentuk koin perunggu itu menunjukkan seorang pria dan wanita berhadapan dalam sebuah adegan hubungan intim. Terdapat angka Romawi XIIII pada sisi lain.

Kurator senior Museum London, Caroline McDonald, Sabtu pekan lalu, menyebut mustahil untuk memastikan presisi koin itu dipakai untuk apa. Dia mengatakan, besar kemungkinan bordil-bordil sudah eksis di London ketika koin itu menyebar setelah invasi Roma ke Inggris pada abad I Masehi.

Beberapa pakar yakin koin itu terpendam oleh lumpur di sepanjang Sungai Thames selama sekitar 2.000 tahun sebelum ditemukan baru-baru ini oleh seorang pria dengan peranti detektor logam mencari benda-benda di dekat Jembatan Putney. | AP | DWI A


Tinggalkan komentar

Kategori