Oleh: numisku | 17 Februari 2011

Uang Gobog Wayang

Masyarakat zaman dulu rupanya mempunyai kreativitas dan rasa seni yang sangat tinggi. Uang bolong yang berasal dari China, mungkin dipandang kurang menarik. Maka mereka berinisiatif untuk menciptakan uang jenis baru.

Uang unik bergambar berbagai macam flora, fauna, kehidupan sehari-hari, dan tokoh wayang ini sepertinya bukan berfungsi sebagai alat tukar. Artefak ini lebih banyak digunakan sebagai koleksi ataupun jimat (amulet). Dipercaya jimat ini mempunyai kekuatan tertentu yang akan memberikan pengaruh baik pada pemiliknya.

Kini hasil kreasi sejumlah seniman kreatif ini memiliki nilai koleksi yang sangat tinggi dan diburu oleh banyak kolektor. Harga jualnya sekitar 2 juta-an per keping, untuk kondisi prima. Untuk kondisi di bawahnya, tentu lebih murah.

Salah seorang kolektor uang gobog ternama adalah Raffles, lengkapnya Sir Thomas Stamford Raffless. Dia pernah menjabat Gubenur Jendral Inggris di Hindia Belanda tahun 1811-1816. Selama bertugas di Indonesia, dia berhasil mengumpulkan 106 koin gobog wayang. Semua koleksinya ini diperlihatkan kepada publik di British Museum London.

Sayang kolektor lokal masih amat langka. Selain terkendala biaya, kita memang masih kurang dalam urusan pelestarian budaya. Kita berharap uang gobog, yang merupakan kekayaan kita, tidak akan punah. Kita harus meniru langkah Raffles. Kekayaan budaya orang lain saja serius dilestarikan. Kita juga harus meniru langkah Cribb yang meneliti sekaligus membagikan ilmunya kepada orang lain lewat publikasinya yang terpasang di atas.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.