Oleh: numisku | 20 April 2010

Ditemukan Uang Kuno Bertuliskan Huruf Arab di Kalteng

Rabu, 22 Juli 2009 – KUALA KAPUAS–MI: Sebuah uang zaman dulu yang terbuat dari kuningan ditemukan seorang penyelam tradisional di kawasan Jembatan Pulau Telo, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Uang ini, saya temukan ketika saya menyelam di kawasan Jembatan Pulau Telo,” kata Deki, sang penemu uang logam, di Kuala Kapuas, Selasa (21/7).

Menurut penuturan warga RT 2 Kelurahan Murung Keramat, Kecamatan Selat ini, uang tersebut ditemukan sebulan yang lalu bersama dua orang temannya ketika melakukan rutinitas sebagai penyelam untuk mencari benda-benda di dasar sungai Kapuas seperti kayu, besi, dan barang lainnya yang memiliki nilai jual.

Uang logam yang ditemukan tersebut berdiameter sekitar 5 sentimeter, berwarna kuning, sepertinya terbuat dari kuningan, pada salah satu sisinya ada gambar pedang, seperti senjata khas Arab dan bertuliskan huruf Arab. Pada sisi lainnya terlihat gambar seperti manusia dengan kedua tangan memegang senjata jenis tombak, juga terdapat tulis huruf Arab.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas, Yuliana Asi, mengatakan bahwa uang tersebut menjadi salah satu bukti sejarah masuknya agama Islam ke Kabupaten Kapuas. Namun untuk memastikan hal tersebut, pihaknya akan meminta bantuan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng untuk mendatangkan arkeolog guna melakukan penelitian.

Menurut dia, perairan di kawasan Pulau Telo banyak ditemukan benda-benda bersejarah, karena berdasarkan penuturan orang tua dahulu, kawasan tersebut katanya merupakan benteng pertahanan berbentuk seperti goa yang terhubung dengan Pulau Mintin, di Desa Mintin, Kabupaten Pulang Pisau.

“Makanya di kawasan itu ada yang menemukan sarang burung ataupun ada yang melihat ikan sebesar kapal,” katanya.

Agar benda-benda temuan tersebut tidak keluar dari Kabupaten Kapuas, pihaknya akan melaporkan temuan tersebut kepada Bupati Kapuas untuk minta petunjuk lebih lanjut. “Karena benda seperti yang ditemukan warga tersebut merupakan benda peninggalan sejarah yang dilindungi Undang-Undang,” katanya. (Ant/OL-03)

(mediaindonesia.com)

Responses

  1. sep bos…cari terus..

  2. itu slah satu yang menjadi peninggalan yang harus dilestarikan,,,
    saya juga ada beberapa jenis uang logam koin kuno,,,
    dan saya bertenpat tinggal dibengkulu.

  3. yg itu uang dinar,masa kepemimpinan umar bin khatob,gambarnya pedang arab dengan lapas allah dan muhammad kemudian di sisi satunya gambar orang memegang dua tombak di kedua tangannya sambil berdiri membentang,dan adal lafaz allah muhammad diatasnya lalu lafaz yasin di kedua sisinya,uang ligam itu juga ada di pedalaman kalsel

    • uang koin itu ada ditangan saya percis seperti yg anda katakan saudaraku muammar orb..ini no hpku 081232037477

  4. Saya juga ada sama dengan yang di temukan di perairan sungai kabupaten kapuas tersebut. Telpon 081363773085

  5. Saya juga punya sama uang koin tersebut posisi saya di riau. Peninggalan nenek dari kalimantan selatan.
    Telpon: 081363773085

    • Saya juga punya uang koin bergambar patung dua tombak dn jga pedang dn bertulisan allah dan muhammad dn yasin dn abubakar umar usman ali hasil kake saya terakat dn puasa

  6. sumpah.saya punya koin yasin,seseorang memegang tombak,sisi sebela gambar pedang,asli tidak tipuan,siapa minat telp saya 082360882308.ditunggu.

  7. Saya jugA ada alhamdulillah msh disimpan sampai sekarang ini nmr aku 087792131801


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.