Oleh: numisku | 7 Maret 2010

Uang Fantasi dan Uang Hitam

Oleh: Djulianto Susantio

Benda-benda numismatik yang dikumpulkan oleh para kolektor bukan hanya berasal dari Indonesia. Banyak koleksi numismatik dari mancanegara juga sering menjadi barang buruan. Sejumlah uang kertas dari negara-negara kecil di benua Amerika, negara-negara pecahan Uni Soviet, uang aneh, dan uang peringatan (komemoratif) tak luput menjadi incaran para numismatis Indonesia.

Sekitar 1994 di Jakarta beredar uang kertas pecahan satu juta dollar AS. Waktu itu timbul pertanyaan di kalangan numismatis, apakah uang tersebut palsu dan mengapa nilai nominalnya begitu besar?

Beberapa waktu kemudian pertanyaan tersebut baru terjawab. Rupanya uang bernilai mahabesar itu disebut uang fantasi atau uang impian (dream money). Artinya, itu bukan uang beneran, tapi uang khayalan. Tujuan utama dikeluarkannya uang tersebut adalah untuk konsumsi para kolektor uang di seluruh dunia atau untuk cenderamata.

Uang fantasi bukanlah uang resmi yang diterbitkan pemerintah AS. Karena bersifat bo’ong-bo’ongan sudah terang uang tersebut tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Bila diamati sekilas, memang uang tersebut mirip dollar sungguhan yang dikeluarkan oleh Bank Sentral AS (Federal Reserve). Adanya cetakan timbul dan warna yang mengkilap, memberi kesan uang itu benar-benar asli. Apalagi ditandai berbagai atribut uang resmi, seperti gambar muka, gambar belakang, nomor seri, dan tanda tangan pejabat. Namun “rahasia” uang tersebut terletak di bagian belakang. Secara jelas terpampang tulisan Non-negotiable (tidak dapat dipertukarkan) dan di bawahnya dikatakan uang tersebut merupakan “sertifikat impian orang-orang AS”.

Yang lebih meyakinkannya sebagai dollar sungguhan adalah uang fantasi itu dilengkapi sertifikat keaslian (certificate of authenticity) di atas secarik kertas. Menurut sertifikat tersebut uang fantasi dirancang dan dicetak oleh The American Bank Note Company tahun 1988 untuk The International Association of Millionaires (Asosiasi Jutawan Internasional). Teknik pencetakan, warna, dan jenis kertas juga diutarakan di dalamnya.

Uang unik itu merupakan edisi terbatas (limited edition) dari sejumlah seri yang secara resmi dikeluarkan oleh Asosiasi Jutawan Internasional. Keberadaan uang itu dilindungi hak cipta tahun 1990. Di samping dollar AS, pada tahun berikutnya beredar dollar Kanada dalam nominal yang sama.


Memperdayai orang

Uang fantasi satu juta dollar AS dan Kanada sering digunakan untuk memperdayai orang. Bahkan tidak jarang menimbulkan kisah konyol. Sejumlah orang dikabarkan sering “berbaik hati” dengan cara menukarkan uang dollar miliknya itu dengan uang rupiah. Banyak orang terpedaya dari Rp 200.000 hingga Rp 100 juta, sebagaimana diberitakan sejumlah koran daerah.

Banyak orang juga kecewa karena uangnya tidak bisa ditukarkan di bank atau money changer. “Kok uang asli tidak laku. Lihat saja ini sertifikatnya,” ujar seorang bapak seperti diungkapkan seorang rekan numismatis.

Sama seperti uang fantasi, uang-uang kertas dari Amerika Selatan juga sering dipakai untuk menipu orang. Misalnya uang Brasil, Bolivia, dan Argentina. Banyak orang diiming-imingi kata manis bahwa uang Brasil–demikian populernya–lebih tinggi nilainya daripada dollar AS.

Malah tumpukan uang Brasil pernah dipamerkan oleh seorang mantan tentara dari Cileungsi sebagai “harta karun Bung Karno” tahun 2003 lalu. Berita itu sempat menjadi liputan besar-besaran media cetak dan media elektronik. Padahal uang Brasil itu dikeluarkan pada 1970-an, sementara Bung Karno wafat persis pada 1970.

Brasil merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang paling sering mendevaluasi mata uangnya. Karena itu nilai uang Brasil sangat kecil. Perbandingannya dengan rupiah adalah 7 berbanding 1. Artinya setiap 7 cruzeiro (satuan uang Brasil) waktu itu setara dengan Rp 1. Karena sangat kecil, banyak bank dan money changer menolak penukaran uang tersebut. Apalagi uang Brasil kurang populer di sini.

Berbeda di mata numismatis, uang Brasil–termasuk uang-uang dari Amerika Selatan–mempunyai pesona tinggi. Kertasnya dipandang sangat bagus, gambarnya sangat indah, dan warnanya sangat cemerlang dibandingkan koleksi-koleksi sejenis dari banyak negara. Di negaranya masing-masing, karena inflasi begitu tinggi dan kerap terjadi sepanjang tahun, maka uang kertas mereka sering ditarik dari peredaran. Hampir setiap tahun pemerintah setempat mencetak uang baru. Karena uang-uang lamanya berlimpah ruah maka dijadikan komoditi ekspor untuk konsumsi para numismatis dunia.


Uang hitam

Ada lagi “harta karun” sebagaimana pernah diperlihatkan “titisan Bung Karno” tadi kepada pers, yakni uang Yugoslavia bernominal 5 milyar dan 10 milyar dinar. Dari pengamatan penulis ternyata uang itu dikeluarkan pada 1993 sewaktu Yugoslavia tercabik-cabik oleh perang saudara. Akibatnya inflasi terus-menerus berlangsung di sana.

Meskipun nilai nominalnya sangat tinggi, namun nilai transaksinya sangat kecil. Sulit memperoleh data konkret berapa kursnya dengan rupiah atau dollar waktu itu. Namun sekadar perbandingan di penghujung 1992 negara tetangga Yugoslavia, yakni Polandia, menerbitkan uang kertas 2 juta zloty. Kalau dirupiahkan nilai 2 juta zloty sama dengan Rp 270.000.

Saat ini uang Yugoslavia tersebut termasuk benda numismatik yang banyak diburu kolektor. Karena bernilai maha besar, maka uang Yugoslavia sering dipakai menipu orang. Maka perlu kewaspadaan apabila menerima uang asing atau uang aneh.

Begitu pula yang disebut “uang hitam”. Biasanya para pelaku penipuan adalah orang-orang Afrika yang tengah berkunjung ke Indonesia. Modusnya adalah menukarkan “uang hitam” itu dengan uang rupiah sungguhan. Konon sesampainya di rumah, “uang hitam” tersebut akan berubah menjadi dollar AS.

Menurut temuan polisi, uang itu berwarna hitam karena pengaruh bahan kimia. Lalu dengan sedikit “ilmu sihir” para negro itu berhasil memperdayai calon korbannya. Nah, Anda perlu hati-hati bila bertemu orang yang menawarkan uang-uang tersebut di atas. Apalagi bila diembel-embeli “harta karun Bung Karno”. Jangan berpikir Anda bisa kaya dengan cepat tanpa harus memeras keringat.

About these ads

Responses

  1. I have a collection of paper money for sale – either by the piece or as a lot.

    Please contact indostocks(at)gmail.com

  2. hahahaha….. makacih infonya gan…. temenku juga punya tuch yang gambar liberty?… pernah sich coba-coba mo dituker ke bank sampe para pegwai banknya pada mlongo…….., kira-kira klo dijual masih laku nggak ya?

    • sebagai benda koleksi laku, mungkin sekarang harganya sekitar Rp 100 ribu

  3. saya punya yang nominalnya seperti gambar yang d atas .. saya juga udah coba k money changer tapi mreka g mnerima .. mreka menyarankan coba ke kolektor saja .. klo saya mau jual kira kira laku brp ya n jual dmn ?? trimakasih

  4. tank’s gan
    dari kemarin ada teman yang menanyakan uang tersebut, katanya dapet dari pakaian bekas yang dia beli. sempat heran juga kalau uang itu di tuker, bisa jadi miliarder.
    tapi kolektor yang mau beli ada ga ya???

  5. salam semuanya saya menjual uang palsu pecahan rp. 100.000,,,dg perbandingan 1 : 3,,, bila ada yang berminat dan untuk lebih detail nya inbok saja ke : mohammadroni@yahoo.com

  6. Info: Dijual Cepat !!!!
    Ringgit pec. 1 harga per 1 lak rp. 200rb
    ringgit pec 2 harga per 1 lak rp. 400 rb
    ringgit pec 5 harga per 1 lak rp. 1 jt
    ringgit pec 10 harga per 1 lak rp. 2 jt
    ringgit pec 50 harga per 1 lak rp. 10 jt
    Dollar singapur pec 20 harga per 1 lak rp 8jt
    UBCN pec. 5.000 harga per 1 lak rp. 2 jt
    IDR99 harga per 1 lak rp. 6jt
    Rumania pec.2.000 harga per 1 lak rp. 4 jt
    *barang dapat dikirim melalui Via pos/JNE sesuai dg alamat lengkap anda yang sesuai dg KTP
    *Pembeli memberikan Dana tanda jadi 20% dari total harga yang telah disepakati ( sebagai tanda keseriusan )
    *Pembayaran penuh dilakukan setelah barang diterima dan sesuai dg kriteria
    *Apabila barang yang diterima rusak / cacat / atau PALSU maka penjual (pemilik barang bertanggung jawab penuh ) dan dana tanda jadi dikembalikan 100% !!!!

    Bagi yang serius dan berminat silakan PM INBOX

    no kontak 085930115118


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.