Oleh: numisku | 2 Maret 2010

Dari Uang Fantasi Hingga Uang Hitam

Oleh DJULIANTO SUSANTIO

NUMISMATIK adalah hobi mengumpulkan mata uang kertas dan logam (koin), medali, dan benda-benda sejenis lainnya. Walaupun tak sepesat dengan hobi filateli (mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya), hobi numismatik cukup berkembang pula di Indonesia.

Benda-benda numismatik yang dikumpulkan oleh para kolektor bukan hanya berasal dari Indonesia. Banyak koleksi numismatik dari mancanegara yang juga sering menjadi barang buruan. Sejumlah uang kertas dari negara-negara kecil di benua Amerika, negara-negara pecahan Uni Soviet, uang aneh, dan uang peringatan, tak luput menjadi incaran para numismatis Indonesia.

Uang fantasi satu juta dollar

Sekitar tahun1994 di Jakarta beredar uang kertas pecahan satu juta dolar AS. Waktu itu timbul pertanyaan di kalangan numismatis (sebutan untuk mereka yang mempunyai hobi numismatic), apakah uang tersebut palsu dan mengapa nilai nominalnya begitu besar?

Beberapa waktu kemudian pertanyaan tersebut baru terjawab. Rupanya uang bernilai mahabesar itu disebut uang fantasi atau uang impian (dream money). Artinya, itu bukan uang beneran, tapi uang khayalan. Tujuan utama dikeluarkannya uang tersebut adalah untuk konsumsi para kolektor uang di seluruh dunia atau untuk cenderamata.

Uang fantasi bukanlah uang resmi yang diterbitkan pemerintah AS. Karena bersifat bo’ong-bo’ongan sudah terang uang tersebut tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Bila diamati sekilas, memang uang tersebut mirip dolar sungguhan yang dikeluarkan oleh Bank Sentral AS (Federal Reserve). Adanya cetakan timbul dan warna yang mengkilap, memberi kesan uang itu benar-benar asli. Apalagi ditandai berbagai atribut uang resmi, seperti gambar muka, gambar belakang, nomor seri, dan tanda tangan pejabat. Namun “rahasia” uang tersebut terletak di bagian belakang. Secara jelas terpampang tulisan non-negotiable (tidak dapat dipertukarkan) dan di bawahnya dikatakan uang tersebut merupakan “sertifikat impian orang-orang AS”.

Yang lebih meyakinkannya sebagai dollar sungguhan adalah uang fantasi itu dilengkapi sertifikat keaslian (certificate of authenticity) di atas secarik kertas. Menurut sertifikat tersebut uang fantasi dirancang dan dicetak oleh The American Bank Note Company tahun 1988 untuk The International Association of Millionaires (Asosiasi Jutawan Internasional). Teknik pencetakan, warna, dan jenis kertas juga diutarakan di dalamnya.

Uang unik itu merupakan edisi terbatas (limited edition) dari sejumlah seri yang secara resmi dikeluarkan oleh Asosiasi Jutawan Internasional. Keberadaan uang itu dilindungi hak cipta tahun 1990.


Untuk Memperdayai

Di samping dolar AS, pada tahun berikutnya beredar dolar Kanada dalam nominal yang sama. Uang fantasi satu juta dolar AS dan Kanada sering digunakan untuk memperdayai orang. Bahkan tidak jarang menimbulkan kisah konyol. Sejumlah orang dikabarkan sering “berbaik hati” dengan cara menukarkan uang dolar miliknya itu dengan uang rupiah. Banyak orang terpedaya sehingga rugi mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 100 juta, sebagaimana diberitakan sejumlah koran daerah.

Banyak orang juga kecewa karena uangnya tidak bisa ditukarkan di bank atau money changer. “Kok uang asli tidak laku. Lihat saja ini sertifikatnya,” ujar seorang bapak seperti diungkapkan seorang rekan numismatis.

Sama seperti uang fantasi, uang-uang kertas dari Amerika Selatan juga sering dipakai untuk menipu orang. Misalnya uang Brasil, Bolivia, dan Argentina. Banyak orang diiming-imingi bahwa uang Brasil -demikian popularnya – lebih tinggi nilainya daripada dolar AS.

Malah tumpukan uang Brasil pernah dipamerkan oleh seorang mantan tentara dari Cileungsi sebagai “harta karun Bung Karno” tahun 2003 lalu. Berita itu sempat menjadi liputan besar-besaran media cetak dan media elektronik. Padahal uang Brasil itu dikeluarkan pada 1970-an, sementara Bung Karno wafat persis pada 1970.

Brasil merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang paling sering mendevaluasi mata uangnya. Karena itu nilai uang Brasil sangat kecil. Perbandingannya dengan rupiah adalah 7 berbanding 1. Artinya setiap 7 cruzeiro (satuan uang Brasil) waktu itu setara dengan Rp 1. Karena sangat kecil, banyak bank dan money changer menolak penukaran uang tersebut. Apalagi uang Brasil kurang populer di sini.

Berbeda di mata numismatis, uang Brasil – termasuk uang-uang dari Amerika Selatan – mempunyai pesona tinggi. Kertasnya dipandang sangat bagus, gambarnya sangat indah, dan warnanya sangat cemerlang dibandingkan koleksi-koleksi sejenis dari banyak negara. Di negaranya masing-masing, karena inflasi begitu tinggi dan kerap terjadi sepanjang tahun, maka uang kertas mereka sering ditarik dari peredaran. Hampir setiap tahun pemerintah setempat mencetak uang baru. Karena uang-uang lamanya berlimpah ruah maka dijadikan komoditas ekspor untuk konsumsi para numismatis dunia.


Uang Hitam

Ada lagi “harta karun” sebagaimana pernah dikatakan “harta karun Bung Karno” tadi kepada pers, yakni uang Yugoslavia bernominal 5 miliar dan 10 miliar dinar. Dari pengamatan penulis, ternyata uang itu dikeluarkan pada 1993 sewaktu Yugoslavia tercabik-cabik oleh perang saudara. Akibatnya inflasi terus-menerus berlangsung di sana.

Uang bernilai amat besar keluaran negara pecahan Yugoslavia

Meskipun nilai nominalnya sangat tinggi, namun nilai transaksinya sangat kecil. Sulit memperoleh data konkret berapa kursnya dengan rupiah atau dollar waktu itu. Namun sekadar perbandingan di penghujung 1992 negara tetangga Yugoslavia, yakni Polandia, menerbitkan uang kertas 2 juta zloty. Kalau dirupiahkan nilai 2 juta zloty sama dengan Rp 270.000.

Saat ini uang Yugoslavia tersebut termasuk benda numismatik yang banyak diburu kolektor. Karena bernilai maha besar, maka uang Yugoslavia sering dipakai menipu orang. Maka perlu kewaspadaan apabila menerima uang asing atau uang aneh.

Begitu pula yang disebut “uang hitam”. Biasanya para pelaku penipuan adalah orang-orang Afrika yang tengah berkunjung ke Indonesia. Modusnya adalah menukarkan “uang hitam” itu dengan uang rupiah sungguhan. Konon sesampainya di rumah, “uang hitam” tersebut akan berubah menjadi dolar AS.

Menurut temuan polisi, uang itu berwarna hitam karena pengaruh bahan kimia. Lalu dengan sedikit “ilmu sihir” para penipu itu berhasil memperdayai calon korbannya. Nah, Anda perlu hati-hati bila bertemu orang yang menawarkan uang-uang tersebut di atas. Apalagi bila diembel-embeli “harta karun Bung Karno”. Jangan berpikir Anda bisa kaya dengan cepat tanpa harus memeras keringat.

About these ads

Responses

  1. terimakasih ulasan tentang “uang fantasi” nya mas..
    saya pernah lihat..
    kirain beneran bisa di transaksikan..
    hehehe..

    • Awalnya untuk cenderamata kolektor di AS

  2. Gan…!!! Saya mau jual satu album uang yugoslavia dari 5000 dinar s/d 500.000.000.000 dinar. masing2 lembaran uang tsb ada sertifikatnya. Barangkali minat kontak saya di 021-99559659,tks.

    • silakan yang tertarik dan berminat, bisa menghubungi ybs.

  3. salam kenal.
    saya mau menanyakan, berapa nilai tukar uang Yugoslavia thn 1993 (500.000.000.000) ???

    • nilai tukarnya sudah tidak ada. paling dijual sebagai koleksi. harga jual tergantung kondisi koleksi. biasanya kolektor memilih yang UNC (sangat bagus/masih kaku). ada info harganya sekitar 100 ribu.

  4. saya punya uang yugoslavia nilai nya 50.000.000.000 .kira-kira harganya berapa?

    • tergantung kondisinya, makin bagus makin mahal, mungkin sekitar Rp 100.000

  5. saya mw tanya,brp nilai tukar mata uang polandia 10000 zlotych keluaran 1988?

    • Ada brp uang polandia @10000? Or call me 081321270137

      • gan saya ada satu nih @10000 mata uang polandia
        kira” masih berlaku or cukup hanya untuk kolesi ajh yahh..???

  6. gan.. saya punya uang fantasi $us 1,000,000. + sertifikat & 1,000,000. euro tanpa sertifikat, apa ada kolektor yg mau beli ?

    • da gan mnta no tlpnya gan.. taw ke no 08129959469 klo bisa tdk da tulisan non negotiable yahh.. buyer turun lgsg asal msh di jabodetabek..

  7. ane ada uang impian 1juta dollar ituu yg buat koleksi,,ada minat??087838388856

  8. gan aku punya uang 1 juta euro logo 16 negara ( uang Asli ) tapi gak tahu kemana mau nukerin uang itu…?

    • da sertifikatnya ga gan? trus da tulisan non negotiable g? gambar pa,salam pa gedung?? n da brp laks.. da penampungny asal asli n serius.. klo bisa jgn da tulisan non negotiable..

  9. Sangat prihatin dengan maraknya penipuan mengatasnamakan bung Karno, emas batangan, platina, dollar hitam, aset kerajaan, IDR, ADR, dengan berbagai cara dan muslihat meraka menipu pengusaha, pegawai guru dll, motifnya hanya satu penipuan, saya yakin ada dalangnya ada yang berperan sbg Embah lah, Eyang lah, Romo lah, orang Bo bank lah, semuanya bohong!!! Saya pernah tertipu dan saya tahu tempat2 dan motif aksi mereka seharusnya mereka di berantas karena menyengsarakan orang banyak, sudah hidup berat kena tipu pula.

    • pak budi bisa email ke saya : uangsaya88@yahoo,com
      ada yg akan ditanyakan. thanks

  10. Di JUAL
    >Dollar Bill pchn USD $1.000.000 lengkap amplop&sertifikat th 1988 (collector series). Ada 150 lmbaran mu dilepas Rp1.000.000 perlembar+ongkir.
    NB: Beli banyak harga nego/diskon (minimal 10 Lmbr) lbih bnyak beli+banyak jg diSkonnya.
    >Rupiah: Pecahan Rp100 th 1960, Rp1000 th 1975, pchn Rp5 seri kera, pchan Rp10rb th 1985, u/ indon perlembar mu dijual Rp500rb
    NB: Harga NEGO
    Kontak sy 087750105261/ 085330188251 pin BB 31DC500C /email: ay9525@gmail.com

  11. mungkin orang yg seneng nipu, mau cepet kaya cari kesempatan nimbrung ngomomgin harta bung karno, punya logam mulia dan sertifikat, dll
    sebenarnya, saya pernah berangkat dgn beberapa orang ke batupahat johor, waktu itu kami ngurus sertifikat Gold Of Guarantee di bank swiss, tapi karena tidak ada rekomendasi dari pemerintah indonesia, maka sertifikat itu tidak bisa diurus sampai sekarang…!

    thn. 1997, sertifikat Gold Of Guarantee saya serahkan sama bpk. hartono marjono, sh waktu itu beliau jadi penasehat president suharto, dan sertrifikat itu coba diurus lagi, atas rekomendasi pak harto. dan diakui oleh pak hartono bahwa no seri sertofikat tersebut sama dengan sertikat salinan yg ada di bank swiss. pendek kata sertifikat itu asli…!

    sayangnya tidak lama pak harto berhenti jadi president, berhentipula ngurusi sertifikat tsb sampai sekarang, apalagi kedua orang itu sudah meninggal.

    sertifikat itu masih saya simpan sebagai kenangan-kenangan saja…!!!
    saya sarankan kepada saudara2 yg masih sibuk ngurusi harta pak karno baik emas atau sertifikat, jangan pernah mimpi mau jadi kaya……..!!!!!!
    lebih baik kita kerja yg nyata aja buat anak istri.

    • pak khalid, bisa email ke : uangsaya@yahoo,com
      ada yang akan ditanyakan,thank

  12. dijual seratus ribu rupiah tahun 1999 harganya 120.000,ada yang mau hubungi 083856252424

    • saya punya uang turki 5Juta lira tahun 70an, ada yang minat ?
      hubungi 087820735071

    • saya punya 1000 000 EUR yg Minat hub kolek si
      0881581 0792

    • da brp pak, bnyak g?? klo bnyak boleh..

  13. gan ane punya teman dia cerita diberikan selembar uang yg katanya uang dr pecahan negara uni sovyet (qta ga tw uang negara mana) nilai yang tertera adalah 50.000.000.000; seri tahun 1996….apakah benar ada negara pecahan uni sovyet mengeluarkan uang tsb…trus klo di kurskan sekarang nilainya masih berlaku ga ya gan?

    • owh iya sebagai tambahan kata teman ane pernah ke Bank Central dan dikatakan uang itu asli sekarang uang itu ada di BI sedang diteliti….

      • Uang itu memang asli tapi bukan dibuat untuk alat pembayaran

    • Itu uang inflasi, skrg tidak berlaku lagi sbg alat pembayaran, paling sbg benda koleksi

  14. Di Jual Murah
    $1.000.000 Dollar Bill Lengkap dengan amplop dan sertifikatnya. Kondisi UNC bagus utuh dan bersih.
    perlembar Harga Rp750.000 + Ongkos Kirimnya. Beli banyak bisa diskon minim 5 Lembar. Minat Kontak aja 085335213117 atau buka blok kami
    Http:/ayyantik.blogspot.com

    • gw punya 1 nie bang mau bayarin ga berpa ke

  15. Di Jual
    $1.000.000 Dollar Bill Tahun 1988 lengkap dengan amplop dan sertifikatnya. Di Jual Murah Perlembar Rp750.000 + Ongkos kirim. beli banyak harga diskonminat hub 085335213117

  16. yang mau menukarkan uang brazil /ubcn pecahan berapapun bisa kami bantu hub 081337736355

  17. Di Jual :
    Dollar Bill pecahan $1.000.000 (SATU JUTA DOLLAR) TAhun 1988 lengkap dengan amplop dan sertifikatnya. Bila di Sinar Ultra Violet Nyal benang dan huruf berabjad.
    Harga Rp875.000 (GRATIS ONGKOS KIRIM)
    Minat serius silahkan Kontak kami By SMS/Tlp : 085335213117
    atau Kunjungi Blog Kami http:/ayyantik.blogspot.com
    (Maaf Kami dari Madura Jawa Timur, Kami tempatkan di seluruh Provinsi & Kotamadya agar bisa cepet di temukan bagi yang butuh uang langka & Pusaka Keris, Serta Barang Antikque Lainnya)
    Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di iklan / Blog kami.
    Salam Numismatik…..!

    • hati2 kadang gambar tidak seperti aslinya krn saya sudah dibohongi juga setelah kirim uang . klo yg buat iklan ini tdk percaya suruh hub saya 081337736355 klo memang sy pencemaran info tp ini fakta

      • pak ambon bisa email ke : uangsaya@yahoo.com
        ada yg akan ditanyakan. thanks

      • Memang betul yg dibilang pk ambon, sy udah kena juga. Di iklan barang dibilang ada dan asli dan sudah dikonfirmasi via telp dan dikatakan barang juga ada. Setelah uang dikirim, ternyata barang yg dikirim bukan barang yg diinginkan. Sekali lagi hati-hati kpd ybs dan jelas bohong….

  18. ane punya 1 lembar uang dolar,sebesar 1000,000 dolar amerika klo berminat ,lengkap ada sertipikatnya,,,,bs hubungi ke no 087755992219,,,,,,,,,,082266014439 ,atou ke 081916023149…harga murah

  19. keris lengkap +sarung kecul sebesar telunjuk,,dapet nemu di bongkahan batu gunung prabu lombok selatan .

  20. BAGI AGAN2 YANG MAU MAIN DI VALAS >>> BERMAIN DENGAN UANG ASING … >>>> MULAI DARI MATA UANG AFGHANISTAN SAMPAI ZIMBABWE …. TERBUKA BAGI AGAN2 YANG KUAT MODALNYA APALAGI ADA BUYER YANG SIAP >>>SILAHKAN HUBUNGI KONTAK KAMI …. 081220276734

    • Maaf. maksudnya bapak ada barang… apakah ada uang Jerman Timur, Jerman barat dan uang UBCN/Brasil.. bila ada silahkan hub kami 081288137413. Kami siap terima bila kondisi memenuhi syarat. trims

  21. aq punya i cruizero brasil?

  22. maksudnya 1 cruizero gambar ratu dan sebelahnya gambar gedung…minat? 085722222187

  23. Sungguh sangat disayangkan, seorang professor arkelog dr universitas utama di nusantara justru tidak mengerti sejarah amanah nusantara.
    Belajarlah dr alam yg terbentang di nusantara jgn cuma dr buku. Insya Allah jk anda org yg amanah mk anda akan dpt bertemu dgn apa yg dikatakan impian itu adalah benar2 ada dan sdg dlm proses. Wasalam.

  24. ane pnya 1jt,dollar+crtivikat, n ada jg palatinium & kuning sari. berminat HUB.082120848454

  25. ane punya lembaran 1juta doar nie buat apaan ya

    • kalo ada yg mau sms aja 08567925452

  26. gan saya punya uang kertas 10.000 Bolivia/ 1 centavo boliviarnus tahun 1987 yang berminat hubungi Ridwan 081546800506

  27. gan saya ada titipan uang kertas 1 lembar 5.000.000.000,- dinara jugoslavia tahun 1993 ada yang berminat silahkan hubungi di 08577907843

  28. Saya mau jual koleksi UNC 100 Edisi 1992 Emisi 2000 dan 500 Edisi 1992 emisi 1996 masing masing 1 Brut kondisi Mint super Perfect,. tertarik email ke :andereasdarren12@ gmail.com

  29. da yg pnya euro pecahan 1jt ga yg da sertificatnya tp jgn yg tulisannya non negotiable minimal 5 laks.. dan jerman barat pecahan 1000 minimal 5 laks ataw 1brut.. kondisi asli thankz klo da hub:08129959469

  30. sya pny mata uang polandia pecahan 500.000 1 lembar.
    hp.+62 822 99043256


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: